Jumat, 26 Februari 2010

Etos Kerja Anda

Etos Kerja Anda - Hai teman Asuhan Keperawatan (Askep) Perawat, di Artikel ini yang berjudul Etos Kerja Anda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik dan ringkas agar mudah di pahami untuk anda baca dan dapat di ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lain-lain, Artikel Psikologi-Psikiater (UMUM), yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Etos Kerja Anda
link : Etos Kerja Anda

Baca juga


Etos Kerja Anda

Banyak literatur telah mengupas tuntas mengenai permasalahan etos kerja ini. Namun dari sekian banyak literatur, berikut ini kutipkan beberapa pengertian etos kerja sebagaimana tertulis dibawah ini:
1. Keyakinan yang berfungsi sebagai panduan tingkah laku bagi seseorang, sekelompok orang atau sebuah institusi

2. Etos Kerja merupakan perilaku khas suatu komunitas atau organisasi, mencangkup motivasi yang menggerakkan, karakteristik utama, spirit dasar, pikiran dasar, kode etik, kode moral, kode perilaku, sikap-sikap, aspirasi-aspirasi, keyakinan-keyakinan, prinsip-prinsip, standar-standar

3. Sehimpunan perilaku positif yang lahir sebagai buah keyakinan fundamental dan komitmen total pada sehimpunan paradigma kerja yang integral

Ada delapan etos kerja yang dikemukakan oleh Jansen H. Sinamo, diantaranya:
1. Kerja adalah Rahmat, sehingga bila bekerja kita harus tulus dan penuh rasa syukur
2. Kerja adalah Amanah, sehingga bila bekerja kita harus benar dan penuh tanggung jawab
3. Kerja adalah Panggilan, sehingga bila bekerja kita harus tuntas dan penuh integritas
4. Kerja adalah Aktualisasi, sehingga bila bekerja kita harus gigih dan penuh semangat
5. Kerja adalah Ibadah, sehingga bila bekerja kita harus serius dan penuh kecintaan
6. Kerja adalah Seni, sehingga bila bekerja kita harus cerdas dan penuh kreativitas
7. Kerja adalah Kehormatan, sehingga bila bekerja kita harus tekun dan penuh keunggulan
8. Kerja adalah Pelayanan, sehingga bila bekerja kita harus paripurna dan penuh kerendahan hati

Ada beberapa sifat-sifat yang mencerminkan etos kerja yang baik, terutama bagi seorang karyawan yang mengabdikan dirinya pada suatu institusi, baik negeri maupun swasta, yaitu:
- Aktif
- Ceria
- Dinamis
- Disiplin
- Efektif
- Efisien
- Energik
- Fokus
- Gesit
- Ikhlas
- Interaktif
- Jeli
- Jujur
- Kerja Keras
- Kerja Tim
- Konsisten
- Kreatif
- Lapang Dada
- Membagi
- Menghargai
- Menghibur
- Optimis
- Peka
- Rajin
- Ramah
- Sabar
- Semangat
- Tanggung Jawab
- Tekun
- Teliti
- Tepat Waktu
- Teratur
- Terkendali
- Toleran
- Total
- Ulet

Berdasarkan kerangka pikir diatas, sekarang anda cek sendiri 'Apakah Anda sudah yakin jika etos kerja Anda adalah yang paling 'juara' di kantor?' Atau 'Anda tipikal orang yang tidak peduli mengenai etos kerja Anda?'. Katanya (atau kenyataannya), orang Indonesia selalu memiliki etos kerja yang 'luar biasa', bagaimana dengan Anda?

Silakan Anda menelusurinya untuk mencari tahu, etos kerja Anda termasuk kedalam golongan mana berdasarkan 30 kategori yang dibuat sahabat saya secara asal-asalan tersebut:
1. Outgoing personality: jarang di tempat! Jalan-jalan melulu
2. Great presentation skills: pinter ngebual
3. Good communication skills: chating mulu, ngobrol sana-sini
4. Works first: bingung mikirin jodoh
5. Active socially: suka ngabisin makanan orang
6. Independent worker: sibuk sendiri, orang lain gak tau apa yang dikerjain
7. Quick thinking: pinter ngeles
8. Careful thinker: gak bisa ngambil keputusan
9. Good thinker for dificult jobs: sukses berkat kerja keras orang lain
10. Good leadership: suaranya kuenceng tenaan
11. Good judgement: lucky terus..
12. Good sense of humour: banyak stok humor
13. Career minded: suka menjelek-jelekkan pekerjaan orang lain
14. Loyal: gak dapet pekerjaan di tempat lain
15. Great value of company: datang tepat waktu
16. Good credibility: ngutang terus! kolektor kartu kredit, suit...suit..!
17. Pegawai negeri minded: pinter cari tempat dan waktu untuk tidur
18. Wide knowledge: browsing truss!! download truss!
19. Open minded: suka ngintip email orang
20. Efficient worker: lagi ngejar uang efisiensi
21. Good team work: cepat bikin team ..kalo lagi banyak kerjaan
22. Potential worker: nyari lowongan truss!!
23. Entrepreneurship minded: gak bisa diatur! maunya kerja sendiri
24. Key person: pegang kunci...suka over time
25. Good vision: punya banyak stok gambar syurrr
26. Good listener: tukang gosip, suka nguping pembicaraan orang
27. Problem solver: orang yang tepat buat dimaki-maki saat ada problem
28. Good emotional intelligence: menyelesaikan persoalan dengan marah-marah
29. High intelligence quotient: intelegensinya dipertanyakan
30. Good management: punya asisten, konsultan & outsource, tinggal nyantai


:: kiriman email dari seorang sahabat dengan tambahan opini pribadi



Itu tadi adalah Etos Kerja Anda

baik Sekianlah artikel Etos Kerja Anda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Etos Kerja Anda dengan alamat link https://ners-ngenes.blogspot.com/2010/02/etos-kerja-anda.html

0 komentar

Posting Komentar